Mau Tau Senjatanya TNI AD, Pelajar SMP ini Datang ke Kodim 0905 Balikpapan

Kodim 0905/Balikpapan – Sebagai perwujudan kedekatan TNI dengan rakyat, Kodim 0905/Balikpapan menggelar sebuah kegiatan yang saat ini baru satu-satunya ada di Kalimantan. Kegiatan yang diberi nama Wisata Teritorial ini, bertujuan mendekatkan TNI dengan para siswa sekolah yang mengikuti Wisata Teritorial.

Kegiatan Wisata Teritorial kali ketiga ini, diikuti oleh 60 orang peserta didik dari SMP Harapan Bangsa Balikpapan Utara dan ditemani oleh 4 orang guru pembimbing. Dan dilaksanakan pada Kamis (11/01/2018).

Dalam Wisata Teritorial, para peserta diperkenalkan dengan tugas dan fungsi Markas Kodim 0905/Balikpapan agar mereka dapat memahami dan pada akhirnya akan lebih dekat dengan TNI serta memupuk rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mengawali kegiatan para peserta Wisata Teritorial diperkenalkan fungsi dan tugas Dinas Jaga, selanjutnya berbaris di lapangan selayaknya apel pagi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai wujud kecintaan kepada NKRI.

Pada materi berikutnya para peserta Wisata Teritorial bermain teritorial yang berisi permainan-permainan outbound, seperti buldoser, memidahkan bola, estafet air, holahop dan memindahkan stik.

Selesai di permainan teritorial, para peserta wisata diberikan penjelasan bagaimana proses pendaftaran dan penerimaan prajurit TNI AD, dilanjutkan tentang pengetahuan dasar perlengkapan perorangan lapangan (Kaporlap) serta pengetahuan tentang bekal militer dan bekal operasi TNI AD.

Para peserta wisata sangat antusias dalam menerima penjelasan dari para pemandu wisata, terutama disaat para pemandu mengenalkan senjata milik TNI AD khususnya yang ada di Kodim 0905/Balikpapan. Banyak peserta wisata yang ingin perfoto dengan memegang senjata.

Selain mengenal senjata milik TNI AD, peserta juga dikenalkan dengan bela dirinya TNI AD yang lagi tren saat ini. Para peserta diperlihatkan bagaimana bela diri Yong Modo yang merupakan kombinasi dari bela diri karate, taekwondo dan judo ini.

Diakhir sesi, para peserta wisata bermain dengan materi matematika bela negara dan melihat profil singkat serta foto bareng seluruh peserta dan pemandu Wisata Teritorial Kodim 0905 Balikpapan.

Dengan kegiatan wisata teritorial ini, Kodim 0905/Balikpapan berkeinginan memperkenalkan tugas dan fungsi TNI sejak dini kepada para peserta didik dengan harapan, akan tumbuh generasi penerus bangsa yang memiliki semangat, jiwa patriot dan rasa cinta tanah air. (kodim0905bpp)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*